Sunday, 23 December 2018

ADAB GURU KEPADA MURIDNYA



Bagian ke 2:


ADAB GURU KEPADA MURIDNYA
(Diterjemah dari kitab muhammad bin ibrohim)
Diantanya: hendaknya mengajak berbuat baik dengan cara menyarankan dan dengan sikap ramah. Hendaklah guru mengajarinya adab dengan memperhatikan tadrij ( tahapan tahapan yang sesuai) agar anak berakhlak yang baik dan berprilaku yang  diridhoi. Den hendak lah seorang guru melatih dirinya dengan sikap sikap lemah lembut dan membiasakan diri untuk menjaga akhlaq dan ketakwaan di belakang siswa atau di depannya.
            Yang pertama tama, seharusnya seorang guru senantiasa menstimulasi dirinya dan muridnya untuk senantiasa ikhlas, jujur, memperbaiki niat dan selalu merasa diawasi oleh Alloh Azza Wajalla pada setiap gerak gerik dan setiap rencanyanya. Dan selalu demikian sampai dia mati. Dengan demikian dia dan ilmunya akan diberkahi. Dan hendaklah menyesuaikan kebaikan antara perkataan, perbuatan dan kebijakan. Dan hendaklah dia zuhud terhadap dunia. Dan berpaling dari bergantung dan mengharapkan  kepada dunia sehingga mengakibatkan igtiror (jahil terhadap Alloh) dan mengingatkan diri dan murid bahwa dunia fana dan akhiratlah yang yang akan menjadi tempat terakhir manusia. Berpaling dari sesuatu yang bersifat fana’ (sementara) adalah jalan yang ditempuh oleh orang orang hebat dan merupakan kebiasaan orang orang solih terdahulu.
            Dan diantara adab guru adalah: hendaklah dia memotifasi  dirinya dan muridnya untuk senantiasa belajar. Dan mengingatkan fadilah belajar kepada muridnya dan fadilah orang berilmu kepada dirinya. Bahwasanya guru itu adalah pewaris Para Nabi ( solawatullohi wasalaamuhu alaihim)  dan dalam memotifasi dirinya dan muridnya selalu memperhatikan tahapan tahapan yang akan membuatnya berhasil menerapkannya dan tidak sulit dalam latihan iqtishor (qona’ah) dan mengambil dunia seukuran kebutuhan serta tidak menyibukkan hati dengan perkara dunia dan tidak merasa sedih gara gara kekurangn dunia.

***********************************Bersambung********************************

0 comments:

Post a Comment